Tujuan
a.
Mengetahui definisi
program program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility).
b.
Mengetahuiaplikasi
program CSR pada perusahaan perkebunan kelapa sawit.
II.
PELAKSANAAN
SAMPIT – Komitmen
kuat Sinarmas Group untuk peduli terhadap nasib masyarakat di sekitar
perusahaan mereka, benar-benar dijalankan perusahaan besar itu bersama
anak-anak perusahaan mereka. Salah satunya seperti yang dilakukan PT Buana
Adhitama (BAT) yang membantu masyarakat di sekitar areal perkebunan kelapa
sawit mereka melalui program corporate social responsibility (CSR)
atau tanggung jawab sosial mereka di hampir segenap aspek kebutuhan masyarakat.
PT Buana Adhitama yang meliputi Kebun
Bukit Dua, Bukit Tunggal dan Sapiri ini masuk dalam Region Kalteng 5 perkebunan
kelapa sawit milik Sinarmas Group. Aksi sosial yang dilakukan hampir di semua
bidang, mulai bidang keagamaan, pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan
lainnya. Kegiatan sosial serupa juga dilakukan ada anak perusahaan Sinarmas
Group lainnya yaitu PT AKPL, PT BAP, PT ATM, PT ALS, PT BAS dan PT MKA.
Sejumlah bantuan yang diberikan PT Buana
Adhitama diantaranya membangun masjid dan gereja, perbaikan sekolah, bantuan
untuk pelajar berprestasi, pengembangan bahasa Dayak, bazar sembako murah,
pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis, serta bantuan lainnya sesuai
harapan masyarakat. Bantuan tersebut untuk membantu masyarakat, khususnya di
kawasan perusahaan beroperasi yakni di Kecamatan Mentaya Hulu, Antang Kalang,
Bukit Santuai dan Telaga Antang Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).
Vice President Agronomi PSM-6 Sinarmas
Group Wilayah Kalteng, Robert Samosir mengatakan, untuk kepentingan perkebunan
kelapa sawit yang berkelanjutan maka perusahaan juga sangat memperhatikan dan
mengedepankan bantuan untuk masyarakat dan lingkungan perusahaan. ”Desa-desa di
sekitar perkebunan Sinarmas Group akan tetap dijembatani dan terus diperhatikan
demi bagi kemajuan masyarakat, seperti dalam bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan
dan perekonomian,” ucapnya, kemarin.
Hal yang sama disampaikan Regional
Controller Kaleng 5, Uthama Seelan Kandasamy. Dia menegaskan, perkebunan
Sinarmas Group akan semakin banyak berbuat demi kebaikan dan kemajuan
masyarakat dan desa sekitar perusahaan untuk memberikan nilai tambah bagi
pembangunan berkelanjutan dari segi aspek perkebunan kelapa sawit.
Sementara itu, Estate Manager Kebun
Bukit Dua - PT Buana Adhitama, Sonny S Kaawoan menjadi penyemangat yang terus
juga terus mendorong pelaksanaan program CSR untuk membantu masyarakat sekitar
perusahaan. Pun dengan estate manager lainnya seperti EM Zulkarnaen di Kebun
Bukit Tunggal dan Kaswadi di Kebun Sapiri yang menunjukkan komitmen mereka
mewakili perusahaan dalam membantu masyarakat.
Sebelumnya, PT Buana Adhitama juga
melakukan sejumlah kegiatan sosial seperti pengobatan gratis, pembuatan sumur
lengkap dengan bantuan tempat penampungan air hingga instalasi airnya, bantuan
untuk pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di kecamatan, bantuan sarana
olahraga, bantuan untuk kantor kecamatan, bantuan untuk perayaan HUT
Kemerdekaan, menggelar lomba Bercerita Bahasa Dayak untuk muatan lokal tingkat
SD di Kecamatan Telaga Antang pada akhir Oktober 2012 lalu.
Tidak hanya itu, anak perusahaan ini
juga memberikan beasiswa bagi pelajar setempat untuk kuliah di Institut
Pertanian Bogor (IPB) untuk Diploma 3. Setelah lulus, mereka tak perlu bingung
mencari pekerjaan karena akan dijadikan calon staf Agronomi Sinarmas Group.
PT Buana Adhitama dan Sinarmas Group
juga sudah menyiapkan aksi-aksi sosial lainnya yang akan dilaksanakan melalui
program CSR. Diantaranya program Bebas Katarak-Bebas Hernia, Bebas Bibir
Sumbing dalam Jangkau 5 kilometer dari sekitar kebun untuk desa-desa yang ada,
CSR pengadaan buku-buku pelajaran bagi SD, SMP dan SMA di sekitar kebun,
pengobatan gratis, dan lain-lain. Bahkan akan ada CSR yang berkesinambungan
untuk desa sekitar kebun Sinarmas Group yang menjadi rencana CSR dari kantor
pusat Perkebunan Sinarmas.
Biaya yang sudah disalurkan Sinarmas
Group untuk kegiatan-kegiatan sosial tersebut memang cukup besar, namun hal itu
tidak mengurangi komitmen Sinarmas Group dan anak-anak perusahaannya dalam
berperan aktif untuk kemajuan masyarakat dan desa, khususnya di sekitar
perusahaan. Ini sesuai dengan tekad perusahaan besar ini, yakni tanpa henti
untuk masyarakat membantu masyarakat.
a. Bantuan Masjid dan
Gereja
Oktober dan November 2011 lalu, CSR PT
Buana Aditama melakukan bantuan pembangunan gereja di Tumbang Sangai oleh Kebun
Bukit Dua dan bantuan sumur bor serta instalasi air di Masjid Rantau Katang
oleh Kebun Bukit Tunggal.
b. Bantuan
Perbaikan Sekolah
Progam CSR pada Juli 2011 lalu dilakukan
pengecatan gedung sekolah di SDN 2 Desa Tanjung Jariangau Kecamatan Mentaya
Hulu. Pengecatan ini dilakukan oleh staf PT Buana Adhitama dan semua biaya
bahan perlengkapannya ditanggung perusahaan dari Kebun Sapiri. Hal yang sama
dilakukan juga perbaikan ruangan kelas di SDN 1 Tumbang Bajaneh Kecamatan
Antang Kalang yang dilakukan oleh tukang bangunan. Semua bahan atau material
bangunan menjadi tanggungan perusahaan Kebun Bukit Dua.
c. Penghargaan
untuk Pelajar Berprestasi
Demi kemajuan pelajar SD dan supaya
mereka terpacu meraih prestasi, jajaran manajemen dan staf PT BAT melakukan
kunjungan mendadak dan memberikan hadiah kepada para juara 1, 2 dan 3 untuk di
SDN 1 Rantau Katang dan SDN 1 Tumbang Bajaneh. Guru-guru dan para murid sangat
terharu bahkan ada yang sampai menangis karena menurut mereka, baru PT BAT lah
yang penghargaan bagi pelajar setempat yang berprestasi. Selanjutnya pada 2
Oktober 2012, hadiah yang sama juga diberikan kepada pelajar berprestasi yang
meraih juara 1, 2, dan 3 di SDN Tumbang Bajaneh yang dilanjutkan ke SD Luwuk
Kowan. Acara CSR Pendidikan ini dihadiri oleh kepala desa, camat Telaga Antang
dan Kapolpos Telaga Antang. “Walaupun saya sebagai camat baru di Telaga Antang
tetapi sudah merasakan dan melihat langsung manfaat adanya CSR PT Buana
Adhitama yang peduli kepada masyarakat dan siswa. Kami sebagai pemerintah
mengucapkan banyak terima kasih kepada PT Buana Adhitma, lebih khusus Kebun
Bukit Dua,” kata Camat Telaga Antang, Ati Marahaini.
d. Bazar Murah
Kepedulian Sinarmas Group juga
diwujudkan melalui bazar murah di Kecamatan Telaga Antang. Bazar murah secara
bergantian dilakukan di Desa Tukang Langit, Tumbang Sangai, Rantau Katang,
Tumbang Mangkup, Luwuk Kowang, Tumbang Bajaneh, Tumbang Boloi dan Kecamatan
Mentaya Hulu untuk Desa Kuala Kuayan, Bawan, Tanjung Jariangau dan Keminting.
Bazar minyak goreng murah disambut antusias masyarakat karena harga Minyak
Goreng dalam kemasan di desa mereka mencapai Rp 15.000 per liter, sedangkan
dari PT BAT hanya dijual Rp 8.000 per liter. Hanya dalam waktu dua jam, semua
stok minyak goreng yang dibawa oleh tim PT BAT ludes terjual. Kegiatan CSR
Bazar Murah ini sudah dilakukan dua kali yaitu Agustus 2011 dan Agustus 2012.
Jumlah Bazar Minyak yang diterima oleh masyarakat di Kalteng 5 sebanyak 4.250
KK masing-masing dua liter sehingga total 8.500 liter minyak goreng Filma yang
hygenis dalam sekali Bazar.
e. Pidato
Bahasa Dayak
PT BAT juga menggelar acara akbar yaitu
Lomba Pidato Bahasa Dayak Tingkat SMA di Kec Antang Kalang pada Februari 2012.
Para siswa sangat termotivasi dalam berpidato, dimana secara umum
memperlihatkan kepercayaan diri sebagai calon-calon penerus bangsa untuk
menjadi pemimpin kelak.
f. Pemeriksaan
Mata dan Pemberian Kacamata Gratis
Kegiatan besar di bulan Mei 2012 yang
dilakukan oleh PT BAT Sinarmas Group dan Yayasan Tzu Chi Sinarmas yaitu baksos
pemeriksaan mata dan pemberian kacamata secara gratis. Kegiatan ini dilakukan
di Kecamatan Telaga Antang untuk desa-desa yang ada dan dipusatkan di Desa
Tumbang Sangai, sedangkan untuk Kecamatan Mentaya Hulu dilakukan di Sapiri
Estate. Kecamatan lain pun seperti Kecamatan Bukit Santuai dan Seruyan Tengah
melakukan hal yang sama untuk CSR ini. Total jumlah siswa dan masyarakat yang
terlibat dalam pemeriksaan mata dan pemberian kacamata gratis ini 1.300. Khusus
Kecamatan Telaga Antang sebanyak 360 orang menerima kacamata dan lensa gratis,
secara simbolis sudah diberikan oleh Bupati Kotim, H Supian Hadi, S. Ikom
kepada perwakilan penerima yaitu Kades Tumbang Sangai, Kades Tumbang Mangkup
dan Kades Tukang Langi pada saat Bulan Bakti Gotong Royong Kabupaten
Kotawaringin Timur yang dipusatkan di Kec Telaga Antang pada Juni 2012 lalu.
g. Perbaikan
Jalan dan Sumbang Gorong Gorong
Demi kelancaran perekonomian dan
Transport, maka pihak PT BAT ikut memperbaiki jalan, jembatan dan membantu
pembuatan gorong-gorong. Kegitan CSR untuk pembangunan jalan dan jembatan
pada Semester 1 – 2012 di Desa Tukang Langit disaksikan oleh kepala desa
setempat, Desa Keminting disaksikan Kades dan Staff Sapiri-Ramidi, Desa Tilap
dengan staff Januari, Desa Tanjung Jariangau dan Desa Kuala kuayan untuk
sumbangan/pemasangan gorong-gorong yang disaksikan oleh Sekwilcam Kecamatan
Mentaya Hulu. CSR pembangunan-perataan jalan dan jembatan dengan menggunakan
alat seperti dozer, TLB dan greder kerap kali dilakukan oleh PT Buana Aditama.
Sumber : radarsampit.net
III. PEMBAHASAN
Keputusan
manajemen perusahaan untuk melaksanakan program-program CSR secara
berkelanjutan, pada dasarnya merupakan keputusan yang rasional. Sebab
implementasi program-program CSR akan menimbulkan efek lingkaran emas yang akan
dinikmati oleh perusahaan dan seluruh stakeholder-nya.
Melalui CSR, kesejahteraan dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat lokal maupun
masyarakat luas akan lebih terjamin. Kondisi ini pada gilirannya akan menjamin
kelancaran seluruh proses atau aktivitas produksi perusahaan serta pemasaran
hasil-hasil produksi perusahaan. Sedangkan terjaganya kelestarian lingkungan
dan alam selain menjamin kelancaran proses produksi juga menjamin ketersediaan
pasokan bahan baku produksi yang diambil dari alam.
Bila CSR benar-benar dijalankan
secara efektif maka dapat memperkuat atau meningkatkan akumulasi modal sosial
dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Modal sosial, termasuk
elemen-elemennya seperti kepercayaan, kohesifitas, altruisme, gotong royong,
jaringan dan kolaborasi sosial memiliki pengaruh yang besar terhadap
pertumbuhan ekonomi. Melalui beragam mekanismenya, modal sosial dapat
meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap kepentingan publik, meluasnya partisipasi
dalam proses demokrasi, menguatnya keserasian masyarakat dan menurunnya tingkat
kekerasan dan kejahatan.
Tanggung jawab perusahaan
terhadap kepentingan publik dapat diwujudkan melalui pelaksanaan
program-program CSR yang berkelanjutan dan menyentuh langsung aspek-aspek
kehidupan masyarakat. Dengan demikian realisasi program-program CSR merupakan
sumbangan perusahaan secara tidak langsung terhadap penguatan modal sosial
secara keseluruhan. Berbeda halnya dengan modal finansial yang dapat dihitung
nilainya kuantitatif, maka modal sosial tidak dapat dihitung nilainya
secara pasti. Namun demikian, dapat ditegaskan bahwa pengeluaran biaya untuk
program-program CSR merupakan investasi perusahaan untuk memupuk modal sosial.
IV. PENUTUP
4.1
Kesimpulan
PT. Sinarmas Group merupakan perusahan yang bergerak dibidang
produksi perkebunan kelapa sawit. Perusahaan ini termasuk ke dalam salah satu
perusahaan swasta terbesar yang ada di Indonesia. Demi mempertahankan
prestasi-prestasi yang sudah diperoleh perusahaan ini, PT. Sinarmas Group ini
melaksanakan suatu progam yang memang menjadi kewajiban perusahaan-perusahaan
besar yaitu progam CSR. Perusahaan ini tidak tanggung-tanggung mengeluarkan
biaya sebesar apapun demi kemajuan perusahaan ini dan juga masyarakat yang
tinggal di sekitarnya. Perusahaan ini sudah melakukan beberapa progam CSR di
bidang pendidikan, kesehatan, dan prasarana umum lainnya. Beberapa progam
tersebut sudah terlaksana dengan baik dan sudah terbukti pada pemaparan di
atas. Progam seperti ini harus dipertahankan atau dilaksanakan secara
terus-menerus agar hubungan masyarakat dengan perusahaan tetap terjaga dengan
baik. CSR ini sangat berguna juga demi kemajua negara kita dalam membangun
pemerataan pembangunan yang belum dipenuhi oleh pemerintah sendiri, tentunya
pemerintah juga terbantu dengan adanya progam ini. Hal ini dikarenakan biaya
dari CSR ini ditanggung semua oleh perusahaan PT. Sinarmas Group. Demikianlah
kesimpulan yang dapat kami sampaikan, terima kasih atas perhatiannya mohon maaf
apabila terdapat penulisan yang salah. Sekali kami ucapkan terima kasih.
4.2
Saran
1.
Progam ini arus dilaksanakan oleh perusahaan secara terus
menerus demi kelangsungan kehidupan yang damai dan sejahtera antara masyarakat
dengan perusahaan.
2.
CSR harus dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan
peraturan yang berlaku.
0 komentar:
Posting Komentar